Selasa, 16 Desember 2008

Mereka – Aku

Dari dulu aku ingin menjadi seperti mereka
Tak kenal takut akan ancaman
Tak kenal takut akan tindakan mengerikan dari lawan
Tak kenal gentar untuk mempertahankan prinsip

Dari dulu aku kagum akan mereka
Yang membela kaum marginal
Yang mengangkat kaum papa
Yang mencintai kaum terbuang

Dari dulu aku ingin berada disamping mereka
Berjuang
Bertahan
Melindungi
Melawan
Mempertahankan
Memberikan

Namun ternyata aku tak sepemberani mereka
Aku tak sekokoh mereka
Aku tak bisa menjadi mereka
Aku merasa tak sebesar jiwa mereka
Yang tak gentar akan semua tantangan
Yang terus berpegang pada nilai sebuah perjuangan kemanusiaan

Aku cenderung pemalas
Takut memulai perubahan
Aku cenderung kolot
Tradisionalis
Monoton
Senang pada kemapanan
Menemukan kedalamaian dalam kemapanan dan dunia yang ada
Meski selalu menyimpan tangis hati terhadap segala kebobrokan kemanusiaan

Mereka sebaliknya
Berani berbuat perubahan
Berani berjuang meski kematian menghadang

Aku pengecut
Karena jika kematian dan ancaman lain menghadang
Aku tidak berani maju
Aku tidak berani meninggalkan keluargaku
Aku tidak berani membayangkan anakku berkembang tanpa aku
Aku tidak mau kehilangan semua hal yang ada padaku sekarang
Sebab aku merasa bahagia
Aku merasa terberkati dengan apa yang aku miliki

Benar kata mereka
Seseorang sulit maju berjuang demi kemanusiaan
Jika belum memiliki pengalaman pribadi yang memaksanya berjuang

Aku mungkin bukan mereka
Tapi aku bersyukur
Atas semua impian dan perjuangan yang pernah mampir dalam hidupku
Atas semua perjuangan mereka yang tak kenal lelah
Yang aku selalu berdoa tak akan berhenti
Aku bersyukur bisa mencicipi kehidupan jiwa mereka
Yang membuat semua manusia merasa kemanusiaan mereka hidup
Tak sia-sia
Mereka selalu menjadi contoh kemuliaan sifat manusia, yang mungkin egois namun humanis

Dulu aku bercita-cita menjadi seperti mereka
Lambat laun aku berproses
Sekarang aku sadar
Aku sekedar pengamat (at least for now)
Aku adalah aku yang sekarang
Tak perlu memaksa menjadi seperti mereka
Biarlah mereka menjadi mereka
Aku pada saatnya akan menemukan jalanku
Sesuai keprihatinanku (yang pada dasarnya sama dengan mereka)
Namun jalannya akan berbeda dengan mereka…

Mereka
Aku
Bukankah sama2 manusia?
Yang sama-sama mencari arti hidup
Berjuang demi kebaikkan hidup
Dan ingin selalu hidup dalam jiwa dan raganya

Mereka
Aku
Biarlah tetap begitu….

071008

Tidak ada komentar: