Minggu, 09 Oktober 2011

Pesta

Hari Sabtu kemarin aku menghadiri sebuah pesta pernikahan teman baik semasa SMP dulu. Pesta itu diselenggarakan dengan adat Batak. Salah satu adat yang masih terus sukses mempertahankan kebiasaan kebudayaannya ditengah-tengah banjir budaya modernisme. Karena saya datang terlambat, maka saya berkesempatan untuk menyaksikan tahapan pemberian ulos sebagai tanda restu dari pihak orang tua. Suatu tahapan yang diadakan dengan meriah, meski tak hilang sentuhan haru nya, bahwa sang orangtua 'melepas' anak (perempuan) nya kepada pihak mempelai pria. Lalu, hari ini, di gereja ternyata petikan ayatnya pun membahas mengenai pesta. Bahwa manusia yang ingin bergabung dalam pesta di surga harus memakai baju pesta, alias berbuat kasih kepada sesama. Maka aku pun jadi berpikir mengenai PESTA. Aku tidak pernah mengadakan pesta. Tapi aku senang merasakan suasana pesta jika pesta itu dihadiri dengan orang-orang yang tepat, orang-orang yang aku sayangi. Jadi pesta untukku tidak perlu mewah sebenarnya, karena yang terpenting ada kesan yang dirasakan ketika hadir dalam pesta itu, yaitu kebahagiaan dan keceriaan. Tak perlu lah terlalu banyak basa-basi tapi yang penting ada canda tawa yang tulus bergema dan percakapan akrab tanpa nada dibuat-buat. Aku tahu tak semua pesta bisa seperti itu, kadang kita harus menghadiri pesta-pesta dengan orang-orang yang tidak kita sukai atau bahkan orang-orang yang mencela kita. Pesta-pesta semacam ini terpaksa dihadiri karena sebagai syarat untuk tetap menjadi anggota suatu kelompok sosial. Jadi hanya berfungsi sebagai kedok dan syarat kosong saja. Yah, tidak salah juga sih untuk melakukannya karena kadang dunia penuh hal-hal yang tidak sesuai dengan diri kita untuk mencapai apa yang kita inginkan. Jadi ketika undangan pesta berikutnya datang, dengan semangat aku akan memeriksa dulu, siapa saja yang akan datang ke pesta tersebut dan seberapa pentingnya fungsi sosial dari pesta tersebut. Dan bila aku memutuskan untuk menghadirinya, aku akan memastika tampil dengan dandanan yg oke :) serta suasana hati yang siap utk menikmati pesta :) Selamat berpesta :)

Tidak ada komentar: