Senin, 19 Agustus 2013

Untuk siapa?

Tadi, sambil menyeterika baju, saya sambil mendengarkan lagu radio. Terdengarlah lagu hits agak lama yg judulnya saya lupa, namun saya ingat nama penyanyinya, yaitu group vokal Tangga. Syairnya yg membuat saya terinspirasi membuat tulisan ini, berbunyi demikian : ....kulakukan ini semua, hanya untuk buatmu bahagia.... aku hanya ingin jadi... terbaik untukmu...
Syair ini menarik bagi saya, karena prinsip yg dinyatakan dalam syair tersebut berbeda dengan saya. Kalau saya, selalu mengedepankan alasan pribadi dalam memilih tindakan. Mengapa? Karena, buat saya yg terpenting adl sy paham apa yg saya lakukan, terutama alasannya. Jika saya gagal, itu adalah kegagalan saya. Bukan akibat orang lain. Karena tidak ada gunanya mengandalkan atau menaruh harapan kepada org lain, terutama jika saya bisa melakukannya sendiri. Terdengar ego is dan over pe-de? Mungkin juga. Tokh setiap sifat manusia selalu bisa jadi positif atau negatif.
Dan penting buat saya utk melakukan tindakan atas pilihan saya dan standard saya, bahkan utk kepuasan sy sendiri. Terbukti cara ini menghindarkan sy dari menyalahkan orang lain, btanggung jwb atas tindakan saya, dan jadi lebih tulus melakukan segalanya. Dan saya juga tidak mudah merasa kecewa, atau jikapun kecewa, sy selalu berusaha mencari cara sendiri until bangkit. Karena saya sadar kebahagiaan saya ada di tangan saya, bukan pd kendali orang lain.
Jadi, untuk siapa saya melakukan yg terbaik? Terbaik menurut standard dan motivasi saya, yg pada akhirnya membuat org2 di sekitar saya bahagia.

Tidak ada komentar: