Senin, 19 Agustus 2013

Penilaian

Salah satu sifat yg ingin saya perbaiki adalah kesulitan saya utk menilai, utk menarik kesimpulan, terutama tentang beragam orang. Mengapa? Karena saya sadar, saya bukanlah tipe orang yg memberikan penilaian mengenai diri seseorang. Dalam Profesi saya sebagai psikolog hal ini says rasa menguntungkan karena sesuai dengan kode etik dan profesionalisme saya. Bahwa harus objektif, berhati2 terhadap judgement, mengandalkan bukti yg lengkap dst.
Namun, dlm ranah pribadi, sy merasa ketinggalan oleh orang2 di sekitar saya tentang hal ini. Karena sy membutuhkan waktu yg lebih lama dan proses yg lebih panjang daripada mereka, untuk menyimpulkan penilaian saya ttg org2 disekitar saya.
Di sisi main, sy bharap agar lebih banyak org yg tidal mudah menilai thd sesama, biar hidup lebih damai, jauh dari prasangka.
Meski kadang saya ingin meningkatkan kemampuan ini, namun diam-diam sy bersyukur karena bisa memilikinya :-)